Font yang Paling Populer Digunakan Untuk Desain UI

Font Populer Untuk Desain UI

UI merupakan singkatan dari User Interface yang adalah keseluruhan gaya serta komponen yang ada di halaman web, atau aplikasi seperti layout, icon, huruf, warna, gambar dan lain sebagainya.

Salah satu bagian penting dari UI adalah huruf atau Font, penggunaan/pemilihan font juga berpengaruh pada hasil desain UI nantinya. Kebanyakan pemula (dalam belajar User Interface) masih bingung dalam menentukan font yang sesuai untuk konten mereka pada desain tersebut, terkadang masih banyak yang salah dalam memilih font.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa font yang paling populer dan paling sering digunakan pada desain UI sebagai referensi bagi Anda yang masih kebingungan dalam memilih font.

Font paling Populer untuk UI Design

Font yang akan dibagikan ini kebanyakan gratis dan digunakan pada desain website maupun aplikasi mobile. Sebagian besar dari font berikut juga tersedia di google font yang artinya lebih mudah untuk digunakan.

Nunito Sans

Font Populer Untuk Desain UI - Nunito Sans
Font Populer Untuk Desain UI - Nunito Sans
Credit: medium.com

Dari segi bentuk font ini cukup modern, apalagi jika jarak hurufnya dilebarkan akan membuat font ini terlihat lebih bersih.

Playfair Display

Font Populer Untuk Desain UI - Playfair Display
Font Populer Untuk Desain UI - Playfair Display
Credit: medium.com

Sering digunakan sebagai judul atau headline karena terasa mencolok dan mencuri perhatian, tak hanya itu font ini juga memberikan kesan klasik dan elegan pada desain yang Anda buat.

Montserrat

Font Populer Untuk Desain UI - Montserrat
Font Populer Untuk Desain UI - Montserrat
Credit: medium.com

Jenis font ini sedikit berat namun dikemas dengan tipografi santai, font ini sering dijumpai dalam desain aplikasi e-commerce dan fashion. Walaupun tidak sebersih Nutino Sans, tapi sedikit ornamen di tiap hurufnya membuat UI Anda terlihat lebih menarik.

Poppins

Font Populer Untuk Desain UI - Poppins

Font ini juga lumayan banyak digunakan pada desain web dan mobile apps, biasanya font ini dikombinasikan dengan Roboto, Open Sans dan PT Serif.

Roboto

Font Populer Untuk Desain UI - Roboto

Font ini merupakan font resmi yang digunakan oleh Google pada sistem operasi mobile yaitu Android. Karena sangat familiar, font ini menjadi sangat populer digunakan oleh desainer untuk menggantikan posisi arial dan Open Sans.

Open Sans

Font Populer Untuk Desain UI - Open Sans

Hampir mirip dengan Roboto hanya sedikit berbeda pada huruf tertentu, biasanya font ini lebih banyak digunakan untuk desain web sedangkan untuk mobile apps terutama untuk sistem operasi Android kebanyakan desainer UI lebih memilih menggunakan Roboto.

Lato

Font Populer Untuk Desain UI - Lato
Font Populer Untuk Desain UI - Lato

Font ini dibuat oleh seorang desainer grafis asal Polandia Ɓukasz Dziedzic dan Lato sendiri memiliki arti “Summer” atau musim panas dalam bahasa Polandia. Awalnya didesain untuk digunakan perusahaan tapi sekarang font ini sudah beralih digunakan bebas secara umum.

Kesannya yang netral sangat cocok sebagai font boy paragraf, kombinasi terbaik untuk font ini adalah DM Serif, Merriweather dan Lustria.

12 komentar

  1. Mushab
    makasih min inpormasinya sangat bermanfaat
  2. Muhammad Maki
    Tes komentar
    • Muhammad Maki
      balas dengan link jagodesain.com
    • Muhammad Maki
      balas dengan link 2 unplug.jagodesain.com
  3. Muhammad Maki
    teks link https://www.jagodesain.com/
  4. Muhammad Maki
    teks link Jago desain
  5. Nazril Ilham
    komentar pengunjung dengan link jagodesain.com
    • Nazril Ilham
      link lagi https://www.jagodesain.com/2020/01/font-populer-desain-ui.html
    • Muhammad Maki
      Coba balasan
  6. Muhammad Maki
    verifikasi kata
  7. coba berkomentar dengan name/url
  8. Berkomentar secara anonim